Umum

COVID DAN VARIANNYA

COVID DAN VARIANNYA

Leonita Lestari

21 Jul 2021
 

Kemarin mikir ini kenapa ya banyak banget varian? Aku juga mau tahu sebab kenapa kalau orang gak di vaksin maka akan bantu virus buat varian baru. Akhirnya dapet jawabannya dan aku mau sharing juga dari yang aku pelajari.

Informasi dari vox dan juga tambahan dibawah tentang efek vaksin ke varian yg banyak muncul ini.

Sebelum bahas gimana cara varian muncul kita harus ngerti gimana cara virus itu bekerja. Virus itu ternyata simpel banget, dia hanya terdiri dari protein shell sama materi genetik

Nah materi genetik ini terdiri dari banyak molekul yang bisa di representasikan dengan huruf. Setiap bagian molekul ini membentuk suatu kode tentang bagaimana cara membuat protein spesifik yang bisa membantu virus berfungsi.

Tujuan utama virus itu lagian hanya satu, yaitu untuk menduplikasi dirinya sendiri. Udah itu aja ga guna bgt emg :(

Tapi masalahnya virus gak bisa menduplikasi diri tanpa bantuan makanya virus harus butuh host untuk bisa menduplikasi dirinya sendiri. Salah satu hostnya yaitu sel di dalam tubuh manusia.

Nah habis masuk sel manusia disini virus baru mulai replikasi dan biasanya copy-nya itu kode di dalamnya sama persis dengan yang awal.

Tapi kadang virus ini error dan membuat copy yang berbeda. Bisa misalnya hurufnya hilang satu semacam salah eja atau kebalik balik.

Nah kode yang berbeda dari hasil replikasi error ini yang kita sebut sebagai mutasi virus yang menghasilkan varian baru.

Sering kali hasil mutasi ini membuat virus lebih lemah makanya banyak juga hasil mutasi virus yang gak kedeteksi karena memang mudah hilang, tapi ada juga dibeberapa kasus lain malah bikin virus ini lebih berbahaya.

Nah virus ini mempunyai protein spike, yang kelihatan kayak duri itu. Protein spike ini nempel ke sel manusia dan kadang gak bisa masuk karena kalau diandaikan kuncinya kurang pas.

Tapi karena mutasi, khususnya di virus covid ini, mutasi yang dibuat merubah bentuk protein spike ini sehingga virus bisa lebih mudah masuk ke dalam sel manusia.

Makanya virus alpha ini lebih banyak ditemukan, karena virus alpha ini mempunyai mutasi khusus yang bisa membuat virus lebih mudah masuk ke dalam sel manusia dan mereplikasi dirinya sendiri. Manusia yang sudah terinfeksi virus juga lalu menyebarkannya ke orang lain.

Jadi initinya, semakin lama dan semakin banyak virus tersebar, semakin besar juga kemungkinan untuk virus ini dapat menghasilkan varian dan mutasi yang lebih berbahaya.

Di semua varian yang ditemukan sekarang, virus mempunyai mutasi protein spike mereka tadi yang membuat semua jenis mutasi yang dianggap berbahaya ini lebih mudah untuk masuk ke sel manusia.

Contohnya di varian delta yang banyak sekarang. Varian delta ini mempunyai mutasi yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi kembali orang yang sebelumnya telah terkena covid-19.

Dalam kata lain varian ini mempunyai cara untuk menghindari imun tubuh natural kita yang telah terlatih untuk mendeteksi virus covid-19 yang dulu dari mendeteksi keberadaan virus varian baru ini.

Untungnya respons imun tubuh yang telah terlatih oleh vaksin ini jauh lebih kuat daripada respons imun tubuh yang belum di vaksin.

Banyak ilmuwan juga setuju bahwa kecil kemungkinannya untuk muncul varian baru yang dapat menghindari respons imun tubuh manusia yang telah terlatih oleh vaksin. Tapi ini bukan berarti tidak mungkin.

Karena semakin lama virus ini menyebar dan semakin banyak orang yang terinfeksi virus, maka semakin besar juga kemungkinan untuk virus ini dapat terus menerus bermutasi dan menghasilkan varian baru yang bahkan dapat menghindari imun tubuh yang telah terlatih oleh vaksin.



Jadi gimana solusinya? Vaksin mumpung virusnya masih belum semakin aneh lagi. Beneran itu solusinya. Karena selain vaksin dapat melindungi diri sendiri, vaksin juga mencegah kita untuk menularkan virus ini ke orang lain yang mungkin belum divaksin.

Karena logikanya semakin banyak orang divaksin, semakin banyak orang sembuh dan semakin banyak orang tidak menularkan virus maka semakin kecil juga kemungkinan virus ini bisa masuk ke tubuh orang dan menghasilkan mutasi baru.

Dan lagi sekarang masih sangat kecil kemungkinannya untuk muncul varian baru yang dapat menghindari vaksin ini. Makanya sebenarnya vaksin ini bukan hanya bantu diri kita sendiri dari bisa melawan virus tapi juga membantu dari mencegah adanya mutasi dan varian baru.


(Ijah-KK)




Ingin ikut menulis? silahkan daftar

Ads