Umum

BERI SANKSI JANGAN HANYA MATERAI Rp 10.000 LAGI

BERI SANKSI JANGAN HANYA MATERAI Rp 10.000 LAGI

Leonita Lestari

25 Jun 2021
 

Tak penting berapa jumlah dapat dihitung dari mereka yang hadir pada sidang pembacaan vonis di PN Jakarta Timur.

Dalam sesumbarnya dia memang pernah berkata ada jutaan orang yang tak dapat ditahan karena demikian besar cinta mereka pada dirinya.

Berapa banyak yang datang bukan hal penting untuk kita cari tahu. Berapa banyak yang dapat ditangkap oleh pihak kepolisian, terdata lebih dari 250 orang.

Secara rinci, 152 simpatisan diamankan di Polres Metro Jakarta Timur, 100 orang lebih simpatisan di Polda Metro, dan 21 simpatisan diamankan di Polsek Cakung. Diantara yang tertangkap ada yang masih dibawah umur.

source : voi.id

Dua jenis pelanggaran yang dapat langsung dikenakan pada mereka adalah melanggar protokol kesehatan dan membawa senjata tajam. Kedua jenis pelanggaran itu memiliki konsekuensi hukum dan aparat memang memiliki kewenangan untuk memprosesnya.

Pelanggaran yang ke tiga, meski tak serta merta dapat masuk pada ranah penyidikan, itu dapat menjadi semacam sumber data atau informasi dalam "to whom it may concern" bagi mereka yang membutuhkannya.

Mereka dapat digolongkan pada kaum radikal sekaligus pendukung organisasi terlarang. Tak berbeda jauh dengan PKI, efpei sama-sama sebagai organisasi terlarang dan siapapun pendukungnya wajib diumumkan.

Dibuat dalam tingkatan sesuai derajat keparahannya. Apakah dia hanya simpatisan atau pimpinan atau radikal sikap telah mempengaruhinya perlu dicantumkan dalam lembar tersendiri.

Dalam bahasa kekinian, itu semacam daftar person tak lulus twk dan data tersebut harus disebarluaskan demi kepentingan khalayak umum. siapapun ingin diterima sebagai karyawan misalnya, bisa langsung mengunduh informasi ini. pun ketika kedutaan asing ingin memberi visa masuk ke negaranya, informasi semacam ini pasti sangat membantu mereka menilai applicant.

Paling tidak, ini adalah hukuman administratif sebagai sanksi bagi usaha memberi efek jera bukan selalu materai 10.000 sebagai solusi.



Paling tidak, bagi lebih dari 250 orang yang ditangkap polisi itu ada melekat kerugian pada dirinya setelah mereka merugikan banyak pihak termasuk negara di dalamnya yang turut dibuat rugi.

Resiko adanya penularan virus akibat tindakan mereka yang dengan sengaja telah melanggar larangan berkumpul dan apalagi membawa senjata tajam saat melakukan demo adalah tindakan yang merugikan masyarakat dan negara.

(Nitnot-KK)

Ingin ikut menulis? silahkan daftar

Ads